Mengenal SMAPHORE

Okk kembali lagi bersama saya Mochamad Ilham Pangestu dalam penyampaian materi pramuka , meski agak jelek ya postingannya ya mohon maaf saya masih dalam proses pembelajaran ,, hehehe dan postingan saya kali ini adalah semaphore . silakan simak dan apabila ada kesalahan silakan komentari di bawah.
okk dan saya juga sudah menyediakan sebuah aplikasi untuk smarphon android berbasis apk yang sudah saya edit sedemikian rupa apabila anda mau tinggal download di bawah ini
DOWNLOAD

Semaphore adalah cara mengirimkan berita dengan mempergunakan sepasang bendera. Bendera yang digunakan ukuran 40 x 40 cm dua buah, Warna (kanan dan kiri) merah-kuning (bersilang). Bendera diikatkan pada tongkat yang panjangnya 50-55 cm.
Memilih tempat yang baik untuk bersemboyan
1. Dasar belakang harus baik. Langit adalah dasar yang baik
2. Pilih tempat yang sewarna (tidak berupa-rupa) yang terang, tidak gelap
3. Memanggil/menerima bertentangan dengan sinar/panas matahari
4. Di belakang jangan ada orang lagi
5. Jika tempat kita bersemboyan sukar diterima oleh penerima berita, maka penerima berita meminta kepada orang yang mengirim berita supaya pindah tempat, dengan tanda kedua bendera dipersilangkan di atas kepala
Sikap pada waktu menyampaikan berita
1. Bediri tegak lurus, kaki sedikit dibuka
2. Tongkat bendera digenggam dekat di bawah bendera (tidak di ujung tongkat),
jari telunjuk tidak ikut menggenggam tetapi lurus merapat dengan tongkatnya
3. Lengan dengan tongkat harus lurus, merupakan garis lurus
4. Usahakan agar bendera selalu berkibar, tidak tergulung pada tongkatnya


Mungkin itu untuk postingan kedua saya ,, sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya , salam pramuka dan salam sejahtera . assalamualaikum wr wb

Dan saya sudah membuat desain untuk penghapalan semaphore silakan simak dan pelajari untuk menambah ilmu di kepramukaan kalian okk .. silakan di simak dan pelajari .

Mungkin itu untuk postingan kedua saya ,, sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya , salam pramuka dan salam sejahtera . assalamualaikum wr wb

Komentar